Bossman, Is He Real or Not?

Dari sekian banyak pertanyaan yg diajukan ke gue dari zaman MSB baru2 keluar sampai sekarang, pertanyaan yg paling banyak itu adalah "Beneran dia begitu orangnya? Dia beneran ada apa enggak sih? Dia manusia apa bukan sih kok gitu amat?"

Seperti apa yg suami gue selalu bilang tiap kali gue ngeluh soal si Buntelan Jemuran itu.... "Dia memang begitu orangnya," dengan ini gue menyatakan bahwa:

"BOSSMAN IS REAL."

Kalo enggak, gada percakapan ini.



Begini ya. Gue kan bukan penulis. Jadi gue gak begitu pintar dalam berimajinasi dan menceritakan kembali imajinasi gue itu sampai sebegitu detailnya. Cuman kejadian nyata doang yg gue bisa ceritain lagi (sejauh ini loh). Bagusnya utk gue, kalo kata pak Ang Tek Khun mentor nulis gue dulu, kalo penulis2 lain sibuk nyari wangsit buat nyiptain karakter, tidak begitu dengan gue. Karena karakter2 tokoh2 gua sudah ada. Mereka semua real. Gak perlu dikembangin pun mereka udah kembang sendiri kayak jamur kuping kering direndem 2 jam. Malahan mereka minta and tunggu utk diceritain. Dan pastinya gue akan cerita lebih soal mereka2 ya.

Seperti yg gue claim, tidak ada satupun cerita di buku MSB (then movie) yg melibatkan antara Kerani dan Bossman yg dibuat2. Semuanya real. Trus kok ya bisa ada orang srondol banget kayak si Bossman gitu sik??

Loh kenapa enggak? There is nothing new under the Sun. Semua yg ada dan terjadi di dunia ini sudah pernah terjadi sebelumnya. Yg kita lakukan ini repetition doang. Jadi orang2 seperti Bossman itu udah buanyaaak ada dimana2. Cuman masalah dibikin beken atau enggaknya aja. 7 tahun gue kerja buat dia gue rasa cukup utk teramat sangat mengenal dia. Kalau mau tau kenapa Bossman dari srondol gitu bisa jadi tiba2 baik, kita kudu tau sifat2 dia. Nih ya sifat2 dia yg semuanya udah gue paparkan di buku.


PELUPA
Ingat cerita tentang Amnesia Attack? Itung duit lupa? Itung mur lupa (or males kali itu mah)? Waktu kejadian makan dengan petugas Kastam yg dia tinggalin gue (sampai suami gue kudu datang to rescue me 2 jam setelah petugas2 Kastam itu cabut!), gue percaya itu murni karena dia lupa. Inget kan ceritanya gimana? Dia memang ke ATM utk ambil duit, terus istrinya telpon bilang mobilnya mogok (abis bensin yg benernya sik..), dia buru2 pergi, lupa ada gua nungguin dia dgn keringet segede2 jagung saking tengsinnya ke petugas2 itu. Jadi sifat pelupa dia ini yg membuat situasi jadi makin parah. Dan karena dia Boss, ya dia gak pernah salah! Salah pun, mana dia perduli?

INSENSIBLE, INSENSITIVE ALIAS FILTERNYA UDAH DOL
Ini agak parah. Dia gak peduli perasaan orang lain. Buat dia, apa yg dia bilang, itu gak berarti apa2 buat dia. Jadi seharusnya buat orang lain juga begitu. Abis ngomong gitu, dia gak akan inget2 lagi. Sedangkan org itu kan pasti bete. Tapi dia emang gak inget lagi ama kata2nya dan gak pusingin. Apa yg nongol di kepalanya ya itu langsung turun ke mulut kagak ada sensor2an segalanya. Nah ini kalo menurut gue, filternya udah dol. Tapi kalo kita ngomong yg sama ke dia, dia bakal ngomel2 tapi abis itu dia gak inget lagi. Gak dia masukin ke hati. Jadi dia juga berpikir orang lain pun begitu! Padahal tingkat kesensian orang kan gak sama dol nya ama dia. Dan jangan salah, ke istrinya pun dia gitu kok kalo udah komen soal ipar2nya.

"Alah adik kamu itu ya kencing belum lurus aja sok mau bisnis segala. Lurusin dulu kencingnya!"

Dan istrinya gimana? Dia cuek aja tuh. Udah kebal ama lakinya kali. 

IMPATIENT
Ini yg paling bikin kita2 sebel. Paling susah urusan sama orang yg gak sabaran. Dan dia itu gak pernah mau belajar bahwa dari ketidaksabaran dia itu lebih banyak berujung susah daripada seneng. Tabrakan lah, nyasar lah, diomelin orang2 krn ga mau ngantri lah, disiram air minum sama ibu2 lah (belum pernah gue ceritain). 

Anehnya, dia juga sabar di saat yg gak ngenakin banget. Gue lupa gue pernah cerita atau belum, yg Bossman, gue dan Mr. Kho pergi ke Imigrasi untuk bayar asuransi pekerja. Dia suruh kami berdua tunggu di bawah, dia naik sendirian. Terus dia turun and blg "Gak dikasih." Gue tanya, "Emang Bapak minta apaan?" Dan dgn enteng dia jawab.. "Minta discount."

Mo korek2 ubin gak lu. Mikir aja bayaran asuransi pekerja itu kan harga fix dari pemerintah! Dia minta diskon! Udah gitu, dia suruh gue naik! "Ok sekarang kamu naik." Gue tanya "Buat apaan?" Dia jawab "Ya tanya! Bisa dapet diskon gak!" Bingung dong lu. Gue tanya dong "Lah tadi kan Bapak udah tanya. Gak boleh kan? Trus kenapa saya hrs naik lagi?" Tau dia jawab apa? 

"Iyaaa siapa tau kalo kamu yg tanya mereka kasih.."

Duh makjang. Gue terpaksa naik. Tapi gue kagak tanya! Malu2in ajah! Gue diem n tunggu aja di atas beberapa menit trus turun dan blg "Gak dikasih." Dia bete, "Gak dikasih juga ya? Yaudah, kalo gitu sekarang Mr. Kho naik dan tanya. Siapa tau kalo sama kakek2 mereka kasian trus dikasih.."

Jidat gue bolong kali saking kencengnya gue tepok jidat gue.

PENNY WISE POUND FOOLISH
Tau dong apa artinya? Duit recehan diributin. Duit berpuluh2 ribu diambur2in. Dia selalu begitu. Berkali2 dibilang mendingan mesen mur2 khusus ke supplier pembuat mur. Mereka kan ada mesin apa tuh ya namanya.. CNC ya? Iya keknya. Jadi mesen 10ribu biji juga cepet. Beberapa jam jadi. Eh mana dia mauuuu. "Ngapain mesen?! Suppliernya temen kamu ya? Iya? Gak usah. Suruh si Jamal buat aja. Buat apa kita punya mesin bubut untuk buat customized item? Hayo? Hayo? Udah suruh Jamal aja!" Gue udah terangin sampek busa2 di mulut gue udah berubah warna dari putih ijo merah biru ungu..

"Pak.. kalau kita suruh si Jamal buat, kerugian kita lebih besar lagi. Mesin itu bisa buat mur2 yg kita pake cuman sedikit tp critical keperluannya. Waktunya si Jamal bisa dipake untuk kerjaan lain. Listrik bisa hemat. Besi juga bisa dihemat. Waktu saya buat kelilingan nyari besi2 yg sizenya khusus itu padahal cuman beli sebatang doang bisa dipake utk urusan laen juga. Dalam waktu satu bulan kita bisa lebih hemat dgn mesen di supplier daripada buat sendiri, Pak!"

Alaaah.. mana dia mau percaya. Karena prinsip dia apa tau gak?

LEBIH BAIK GUE RUGI DARIPADA UNTUNGIN ORANG LAIN!

THE MOST RIGHTEOUS
Kalah Nabi. Udah deh gue cuman bisa bilang begitu doang... Udah gada yg paling bener di dunia ini deh selain dia.

POWER SYNDROME
Biasa deh... Boss orang Asia. Padahal dari brojol dia udah kaya loh. Kudu dihormatiiin.. gak boleh dibales omongannyaaa.. kudu Yes Pak.. Ya Pak.. Baik Pak... eh sorry dimori ye.. cakep2 begini gue udah pengalaman ngurusin expat2 dari PresKom sampek Presdir. Gak bakalan gue mau disuruh buat kopi! I am an Executive Secretary okay! Bukan a Tea Lady! So dia kesel banget sama gue karena gue paling ogah tuh sembah2 dia. 

MY IMAGE IS EVERYTHING. TO HELL WITH OTHERS
Dia gak masalah anak buahnya anggap dia gorilla kek badak aer kek.. yg penting orang laen anggap dia Dewa. Puja puji dia. Sabodo anak buahnya tungguin dia di pabrik pake bawa parang, yg penting image dia bagus di luar. Nah.. boss2 lu kayak gini juga gaaaak.. pasti ada deh yg kayak giniii....

CHANGE HIS MIND LIKE A GIRL CHANGES HER CLOTHES
Nyolong lagunya Mbak Katy. Dia itu ya.. cepat banget berubah pikirannya buset dah. Kadang gue gak ngerti kenapa dari on the way ke Johor dia bisa berubah pikiran untuk pergi ke Perak. Lu tau gak itu gimana rutenya? Kayak dari Jakarta arah ke Anyer udah lepas Cilegon tau2 dia bilang "Eh ke Bogor aja deh.." Nanti begitu sampek di Bogor... "Eh tadi saya mau ngapain di Bogor ya.. yaudah deh, kita jalan2 aja cari supplier.."

He is.. full of surprises like that. Apa dia boring.. apa dia gila sementara... apa dia kenapa. Gue rasa karena tiba2 pikiran itu "POP!!!" terus dia gak mikir panjang langsung buat aja. Tapi trus lupa!

 Kayak waktu mau beli pabrik baru, duile.. jangan tanya berapa puluh property agents dan pabrik2 yg dia liat. 2 taon itu dari hari dia ngomongin mimpinya mau beli pabrik sampek jadi bener2 pindah. Akhirnya dapet pabrik nih. Udah bayar loh. I repeat ya, udah bayar loh. Bisa tuh tiba2 dia ngajakin gue..

"Bu Kerani, ikut saya."
"Kemana, Pak?"
"liat2 pabrik...."

Lah kan udah beliiiiii! Ngapain liat2 lagi siihhhh?? Udah dong siksa guanyaaaah! Dapet pabrik bagus itu juga pengorbanan gua 2 taon sampek tagihan dokter gue numpuk gara2 darah tinggi dan daman dungguuuuu !!

"Pak kan kita udah beli pabrik. Ngapain nyari2 lagi?"
"Oh iya ya!"

Dueeeeeng!!!!!

NGELES KING
Duh ini mah dia gapeee banget dah. Kayak kasus pekerja mau minjem duit cash advance ajah.. si Bossman jawab

"Kalian kalau gada duit, minta sama siapa? Kerani kan? Oke... sekarang, Kerani minta ke siapa? Ke siapa? Ke saya! Betul! Kalian minta ke Kerani, Kerani minta ke saya. Sekarang saya tanya.... SAYA MINTA KE SIAPA?! Kalau kalian bisa jawab, saya akan kasih pinjem. Ayo jawab satu satu.."

Tu pekerja2 sampek ngomong "Gak usah aja deh Boss.."

FOUNDER OF NGOTOTISME
Salah benar gak masalah yg penting ngotot dulu. Kuat2an mental siapa yg menang dia atau orang lain. Biasanya dia yg menang karena kulit mukanya ngalahin tebalnya kulit Kuda Nil umur ratusan taon. Dan dia gak peduli. Karena dia insensible itu, gak sensitif.

Contohnya ya, dia blg nih.. "Bu Ker, catet catet catet catet. Udah belum? Ok nanti hari Rabu, eh tanggal 3 itu hari apa ya. Ok ok catet ya. Hari Rabu ingetin saya buat telpon Dato Bla Bla Bla. Catet.. catet.. Nama Dato nya.. Dato Bla Bla Bla Bla. Hari Rabu loh ya. Catet.. catet..." Udah gue catet. Dia bakalan tanya "Mana catetan kamu? Saya mau liat." Persis jadi kayak anak kecil kan gua?! Gak papa.. gue tunjukin tuh buku memo gua. Hari Rabu Telpon Dato Bla Bla Bla Bla.

Nah hari Rabu gue ingetin dong. "Pak, jgn lupa hari ini telpon Dato Bla Bla Bla Bla." Dia jawab apa?

"Alah.. kamu tuh jadi Kerani gada bagus2nya. Ngasih tau kok telat. Tanggal 3 itu kan kemareeeeen! Bukan hari iniiii.."
"Loh kan Bapak suruh saya ingetinnya hari Rabu. Ya hari ini lah."
"Iya tapi hari ini itu tanggal 4! Mestinya kamu ingetin saya kemareeeen.."
"Lah kan Bapak yg suruh saya catet hari Rabu. Bukan tanggal 3."
"Iya tapi kan hari Rabu itu tanggal 4! Tanggal 3 itu kemaren!"
"Kalo gitu kenapa Bapak suruh saya catet hari Rabu dan bukan hari Selasa?!"

Nah ini nih yg lu bakalan gantung diri kalo denger jawaban dia. Tau gak apa?

"Ya sebagai Kerani itu kamu harusnya ingetin saya dong kalo tanggal 3 itu hari Selasaaaa.. bukan hari Rabuuuu!"

Gak salah dong kalo gue ngabisin stock stepler di laci meja kerja gua.... Buat dilempar2in saking gedegggggnya.

ACUTE TRUST ISSUE
I doooo hope he could have trust ke kita2 juuuuuuust a little. Gue yakin dulunya dia juga culek, makanya dia selalu mikir orang lain juga culek. And even if he doesn't, think before he sembur seenak dewe. 

Saat lagi meeting sama adik2nya 

"Di dunia ini gada yg bisa kita percaya kecuali keluarga kita sendiri! Orang lain itu maling! Mereka mau ambil duit kita! Curi duit kita!" 

Dia pikir gue patung Gajah Mada kali ya.. ngejogrok disitu megangin gada. Lah gue duduk disitu lagi nyatet minutes meeting keluarga dia! Entar gue getok kepala lu pake gada gua baru tau rasa lu! Or jangan2.. oh no! Jangan2 dia udah anggap gue anggota keluarga dia! Duh jangan deh.. satu keluarga sama aja soalnya. Sampek ke sepupu2nya. Suka kasih makanan expired!

ABSENT-MINDED
Hehehehe... di film, BCL salah nyebut sifat dia ini sebagai "Absent-inded." Ini karena scriptnya menulis seperti itu, soalnya di buku juga salah ketik sebagai Absent-inded hueehehehehe. Sorry ye Upi, gue gak sempet review the final script gegara sibuk kerja. 



Sifat ini paling buat masalah. Karena apa yg kita bilang, dia denger, tapi otaknya kemana2. Gak fokus. 

Nah sekarang lu bayangin kalau SEMUA sifat itu dan sifat2nya yg lain digabungkan dalam satu kejadian dan bertembung dgn sifat gue sendiri yg pemarah tapi dipendam? Gempa tektonik skala 8 richter! Gak ada yg mau kalah. Ujung2nya ya jadi buku :)

Now the question is, mengapa Bossman yg tidak pedulian sama karyawannya bisa tiba2 berubah jadi baik? Sampek punya 3 panti asuhan (baca buku MSB3)? Tiga loh panti asuhannya. Is he really changed? Can he be changed? Kalian tau gak dia pernah mungut anjing luka ketabrak di jalanan? Dia bungkus sama selimut anaknya yg kebetulan ada di mobil, dia bawa ke Dokter Hewan dan dia biayai sampai sembuh dan sekarang tu anjing setia ngejagain pabrik yg dia beri nama "Exy." Kependekan dari "Eksiden (accident duh...)." Kalian tau tidak dia suka sumbang duit ke pusat2 peribadatan tiap tahunnya?

No.

Dia tidak tiba2 berubah jadi baik. Dia juga tidak baik dari dulunya. That's not how we see him. And no I don't mean to change your mind on how you see him. I also do not mean to change his image yg alakazam itu berubah jadi baik supaya pembaca berubah pikiran cuman gara2 ada pembaca yg cynically commented "Kok jelek2in Bossnya kayak gitu sih, kalo gak suka ya keluar aja." No not at all. Sorry gue gak gitu peduli kritik2 begitu. Kalo mau ya constructive critics dong yegak? I wrote his character just the way he is. I did not change nor upgrade nor downgrade. Well memang gaya nulis gue yg agak2 suka exaggerate things but that doesn't change the nature of the story itself. 

Kalau kalian tela'ah karakter2 dia di atas, kalian akan mendapatkan rangkaian dari sifat asli Bossman dan jawaban kenapa dari Boss yg ancurminah bisa tiba2 berubah berbuat baik dan tiba2 bisa srondol lagi dan buat baik lagi. Change his wind as he likes. Ibarat kata "Heaven is full, so I come back! Oh? Heaven has a slot now? Ok I'll go back there!" Trus apa dia berubah angin lagi setelah janji benerin panti asuhan? Oh ya tidak. Ya karena sifat Image Is Everything itu. Dia rela begitu supaya orang puji dia. Sifat orang kayak gini udah pernah kita liat belum di orang2 lain? Oh banyak. Banyak banget. Liat aja di koran2 :) Bertaburan dimana2 :) Do charity di depan tapi di belakang? Ibarat satu rumah tangga, orang lain liat hubungan suami istri mesra amat, anak2 sehat cakep2. Apa kita tau isi rumah dia gimana? Berantem melulu or cuman drama? Enggak kan? Dan itu gak ditutupi juga kan di filmnya. Karena endingnya begitu, dia lupa udah mau traktirin org2 kantor. Karena sifat dia di atas :)

Nah sekarang ya elu pikir2 lah kenapa dia bisa gitu. Gimana? Bisa gak? Dapet gak? Enggak? Coba baca ulang... atau tidur aja lah ga usah dipikirin gak keluar di ujian juga sik. Tapi kalo emang masih penasaran dan ga tau jawabannya kenapa dia begitu ya karena..

"KARENA DIA MEMANG BEGITU!!"

Dan gue bukan mau ubah image dia but I wanna make peace with myself. That's why gue tulis cerita2 tentang dia apa adanya in my style. Guys, it is a pain in the a** to work for/with him but I refuse to be drawn in hatred and negative feelings. Pain is one thing. How to turn it to be something positive is another thing. See your enemy in a different point of view. It is okay to feel pains.. sad.. but how we perceive things will determine we pass the test or not. Test apa? Test to find peace, to make peace with our own emotion. Don't get defeated by it, don't get haunted all the time. Find peace. Find the humour behind everything whenever possible. Love people and your enemies too. It's a test, a better test of your goodness is if you can defeat feelings of hatred, help you to bring a bit of compassion to the table.

And trust me, it's a worthy goal :)


Love,
Chaos@work

Blogger, I am just a blogger. The fact I published my blog to books does not make me an Author.

Close [x]