Pemilu goes to pabrik

Ada banyak cerita soal pekerja asing asal Indonesia di negeri ini. Baik kuli maupun kelas expatriates. Hari ini, gue mo curhat about kejadian yg udah terjadi a few months a go sampek yesterday, cuman lupa melulu mau nulis.

Yup, even kampanye pun terjadi di pabrik Si Boss!

Si Samir ini pekerja gue dari Palembang, sedangkan Joko dari Sidoarjo. Yg paling semangat sama Pemilu tuh mereka berdua. Tiap kali istirahat, mereka berdua paling sibuk ngedeketin pekerja Indonesia buat kampanye.

Gue: Emangnya elu caleg mana sih?
Samir: Gak ada, Bu. Saya cuman ngebantuin doang.
Gue: Emangnya partai elu itu tau lu susah payah begini, sampek ngeluarin duit sendiri pergi ke pabrik2 lain buat kampanye?
Samir: Gak tau, Bu. Tapi setia tetap setia. Keluar duit sendiri gak papa biarpun gak diingat.

Wah, loyalitasnya ngalahin caleg yg rela ngeluarin duit ratusan juta buat bikin poster tapi ngarep something in return 10 kali lipatnya nih.

Joko: (logat Jawa meddddddok banget) Sudddahlah Mas Samir.. lebbbih bbbaik Mas peleh parte saya sajjja. Ini dddia (nunjukkin baju partai yg dia pake) Nanti dddapet kaos iki loh Mas..
Samir: Itu politik uang namanya! Gak boleh!
Joko: Alah.. wong kaos siji ora nopo2 toh Mas..
Samir: Kamu jangan hasut2 orang!
Gue: ngapain sih lo berdua pake berantem sih? Emangnya udah daftar?

Mereka bedua bengong, pandang2an dan serentak jawab "Belum, Bu. Gimana ya daftarnya?"

Walaaah.. piye iki? Sibuk kampanye tapi daftar belon?! Walhasil, gue mendaftar sekian banyak pekerja Indonesia gue secara online di website KBRI Kuala Lumpur Malaysia. Udah gitu banyak cingcolaheng lagi! Segala minta ini itu ini itu segala macem!

"Bu, nama saya di passport Praitno. Tapi aslinya nama saya di akte lahir Prayitno ada hurup Y nya. Saya mau pakai nama Prayitno bu. Boleh gak?" - Bau2nya sama kan? Ya mungkin boleh. Yang susah kalo lo minta diganti jadi Prabotan naah.. brabe itu..

"Bu, saya maunya nyoblos di Johor boleh gak Bu?" - Lah, lu kata gue panitianya?!

"Istri saya mau daftar, tapi dia haram. Bisa tidak?" - Bini lu peranakan manusia sama apaan sih sampek jadi haram gitu?!

"Bu yg lain udah dapat nomor. Saya kok belum?" - Dan ini orang datang ke kantor 7 kali dalam sehari cuman buat tanya nomornya mana, dan sebanyak itu juga gue teriak "NOMOR APAAN?!! LU KATA GUE TOGEL??!!"

2 minggu sebelum hari Pemilu, dragon2nya suasana kampanye di pabrik makin panas nih. Samir dan Joko saling bersaing utk merebut suara paling banyak. Bendera partai pilihan mereka pun udah dipasang di depan pintu rumah masing2.

Nah, hari Rabu malam kan si Pak Boss udah pulang nih dari Melbourne. Jam 11 dia datang ke kantor. Jam 12nya pekerja Indo datang temuin si Boss minta izin mau nyontreng.

Boss: Loh? Loh? Pada mau kemana? Kok rapi2? Mau kemana?
Samir: Kami mau nyontreng, Boss. Kan hari ini Pemilu.
Boss: Loh? Nyontreng? Nyontreng apa?
Joko: Nddak tau, Pak. Sekarang dicoblos apa dicontreng? (tanya Samir)
Samir: Saya juga tidak tahu. Dicontreng apa dicoblos Bu?
Gue: Gak tau. Di sana aja lah tanyanya!
Boss: Eh bentar2.. bentar! Yg saya tanya, nyontreng apa? Bukan nyontreng atau nyoblos! Siapa suruh kamu pergi?
Joko: Bbboss jangan bbbegitu. Ini kan Pemilu kita. Pak Dddubbbes sudddah menganjurkan kepaddda majjjikan supaya membbberi libbbur kerjjja untuk orang Indddonesia.
Boss: Aaaa.. memangnya dia mau bayar kerugian saya dgn gak adanya kamu semua? Udah balik kerja sana!! Gak ada contreng2! Kerja! nyontreng2 apaan lagi....
Samir: Jangan seperti itu Pak. Kita orang punya cuti. Potong cuti saja! Potong gaji kalau perlu!

Boss tau kayaknya dia gak bisa menahan pekerja2 itu untuk pergi. Muka mereka udah pada tegang semua mo ngamuk. So, si Boss ngeluarin juruh ampuhnya.

Boss: OK gini aja.. ada berapa orang pekerja Indo?
Gue: 20. Sama saya 21. Sama bapak 22.
Boss: Naah.. cukup banyak tooooh? Jadi.. tolong telpon dulu panitia pemilu, bilang kita mau ada 1 pos TPU....
Gue: TPS. TPU itu taman pemakaman umum..
Boss: Oh iya ya.. TPS! Naaah.. suruh mereka minta buat 1 pos TPS di pabrik kita. Jadi gak usah jalan jauh2 ke KL. Kan kamu nanti semua capeeek..
Pekerja: ..................
Boss: Ya kan, buuuuu? (bibir monyong 3.5 inci)
Gue: .......................
Boss: Telpon KBRI sekarang. Telpon ya, jangan enggak looooooh! Di situ aja tuh pasang pos-nya tuh di parkiran. Jadi bisa nyontreng. Gimana?? Setuju kan?? Pada nyontreng apaan sih ngomong2?

Gue bakal wiritan semalem suntuk supaya MUKE ELU YG DICONTRENG!!!

Blogger, I am just a blogger. The fact I published my blog to books does not make me an Author.

Close [x]